Informasi Dasar mengenai Pencegahan

Bagian ini tidak akan membahas masalah pencegahan umum – ada banyak situs yang menjelaskan hal ini. Topik ini lebih untuk membahas masalah Pencegahan untuk Odha, agar Odha dapat menghidupkan prakarsa HIV Stop di Sini.

Pencegahan yang dibahas di sini termasuk pencegahan infeksi setelah pajanan (peristiwa yang mungkin dapat menyebabkan penularan), yang disbebut sebagai Profilaksis Pascapajanan atau PPP. Pajanan tersebut dapat terjadi akibat kecelakaan, misalnya pada petugas layanan kesehatan yang tertusuk oleh jarum suntik bekas pakai. Pajanan itu juga dapat terjadi antara Odha dan pasangannya yang HIV-negatif bila dalam hubungan seks tiba-tiba kondom bocor. Kemungkinan peristiwa macam ini menularkan HIV dapat dikurangi dengan penggunaan terapi antiretroviral tertentu segera setelah pajanan.

Saat ini juga ditelitikan cara untuk mencegah infeksi sebelum pajanan yang akan terjadi, yang disebut sebagai Profilaksis Prapajanan atau PrPP. Hal ini mungkin bermanfaat untuk pasangan diskordan (satu HIV-positif, yang lain negatif) yang ingin membuat anak dengan cara melepaskan kondom. PrPP masih dalam penelitian dan belum disetujui, tetapi menawarkan harapan yang cukup besar.