Infeksi Oportunistik (IO) Umum

Infeksi oportunistik (IO) adalah infeksi yang ambil kesempatan (‘opportunity’) yang disediakan oleh kerusakan pada sistem kekebalan tubuh untuk menimbulkan penyakit. Kerusakan pada sistem kekebalan tubuh ini adalah salah satu akibat dari infeksi HIV, dan menjadi cukup berat sehingga IO timbul rata-rata 7-10 tahun setelah kita terinfeksi HIV.

Kerusakan pada sistem kekebalan tubuh kita dapat dihindari dengan penggunaan terapi antiretroviral (ART) sebelum kita mengalami IO. Namun, karena kebanyakan orang yang terinfeksi HIV di Indonesia tidak tahu dirinya terinfeksi, timbulnya IO sering kali adalah tanda pertama bahwa ada HIV di tubuh kita. Jadi, walaupun ART tersedia gratis di Indonesia, masalah IO tetap ada, sehingga adalah penting kita mengerti apa itu IO dan bagaimana IO dapat diobati dan dicegah.

Pencegahan beberapa IO, yang disebut sebagai ‘profilaksis’, dapat dilakukan dengan cara yang cukup sederhana, yaitu dengan memakai dua pil obat kotrimoksazol setiap hari. Pencegahan ini hanya dibutuhkan setelah sistem kekebalan tubuh kita cukup rusak. Informasi lebih lanjut disediakan pada bagian situs ini.

Stadium WHO untuk Penyakit HIV pada Orang Dewasa dan Remaja