Dana dukungan anak Odha(Anak Fund)

Dewasa ini semakin banyak anak-anak yang terlahir HIV positif dan anak-anak dari orang tua pengidap HIV. Tantangan timbul dari berbagai aspek, termasuk diantaranya stigma dan diskriminasi, ketidakmampuan memperoleh pendidikan karena faktor ekonomi atau menjadi yatim piatu serta dampak lainnya.

Melihat tantangan tersebut, sejak Januari 2009, Yayasan Spiritia memulai inisiatif untuk mendukung beasiswa pendidikan kepada Odha anak dan anak Odha di Indonesia. Dukungan telah diberikan dalam bentuk beasiswa sekolah kepada empat anak di wilayah DKI Jakarta, Surabaya dan Makasar. Beasiswa sekolah ini diberikan per tahun yang akan diperpanjang selama tersedianya dana tersebut. Selama ini dana diperoleh melalui donasi internal staf hingga akhirnya berkembang dari donatur individu dan organisasi.

Kini Spiritia berencana untuk meluaskan program beasiswa secara mandiri. Dalam pengembangan ini kami membutuhkan uluran tangan dari individu maupun organisasi untuk mendonasikan dananya dalam mendukung program beasiswa kepada anak.

Adapun bentuk donasi yang dapat diberikan adalah sebagai berikut:

  1. Beasiswa, kepada satu anak dengan nilai minimal Rp.3.600.000 per tahun atau Rp.300.000 per bulan selama 12 bulan.
  2. Dukungan tidak tetap, sewaktu-waktu atau satu kali waktu saja dengan nilai minimal Rp.50.000
Laporan Keuangan Anak Fund

Dana dukungan Odha (Positive Fund)

Positive Fund adalah salah satu program Yayasan Spiritia untuk orang dengan HIV/AIDS di Indonesia. Pada awalnya adalah tabungan bersama para relawan dan sahabat Spiritia untuk membantu memenuhi kebutuhan perawatan dasar orang dengan HIV/AIDS yang kurang mampu.

Positive Fund sekarang mengajak Anda untuk terlibat menggalang dana, sehingga akan lebih banyak orang dengan HIV/AIDS yang mendapatkan manfaat dari program ini.

Dana Positive Fund ini akan digunakan oleh orang dengan HIV/AIDS untuk memenuhi kebutuhannya termasuk pengobatan infeksi oportunistik, memperbaiki fasilitas perawatan di rumah atau di rumah sakit ke arah yang lebih memadai, makanan pokok dan air bersih, dan biaya pemakaman.

Positive Fund juga dapat digunakan untuk memulai sebuah kelompok dukungan sebaya dan juga untuk proyek peningkatan pendapatan kecil-kecilan. Di sisi lain, Positive Fund juga mendorong organisasi setempat untuk berperan aktif dalam kerjasama jangka panjang.

Sebagai proyek percontohan, Positive Fund pernah digunakan sebagai modal awal usaha percetakan oleh beberapa orang HIV-positif di Makassar (Sulawesi Selatan). Positive Fund juga pernah digunakan untuk kerja bakti memperbaiki fasilitas ruang rawat di RSCM Jakarta agar lebih nyaman dihuni pasien HIV/AIDS yang kebanyakan dari kelompok ekonomi lemah.

Ada kriteria dan panduan untuk penggunaan dana. Positive Fund diberikan hanya untuk orang HIV-positif yang tidak punya sumber dana lain untuk kebutuhannya. Positive Fund tidak membiayai obat-obatan antiretroviral. Pada dasarnya, Positive Fund dirancang untuk tidak untuk menciptakan ketergantungan.

Sumbangan dalam bentuk uang dapat ditransfer ke rekening a.n Yayasan Spiritia:



Kami sangat menghargai keterlibatan Anda, terima kasih atas dukungan Anda.