Interaksi antarobat dengan unsur antijamur

Infeksi oportunistik jamur tetap terlihat pada Odha walau ART dipakai secara luas. Lebih lanjut, dalam beberapa kasus pasien yang belum pernah diobati mengembangkan infeksi jamur sebelum memulai ART.

Dalam penelitian retrospektif saat ini, yang dilakukan di Rumah Sakit Universitas Bordeaux, Prancis, para peneliti menggambarkan interaksi antarobat yang ditemukan di antara orang dewasa yang menerima pengobatan antijamur sistemik di unit perawatan intensif (intensive care unit/ICU) dan unit penyakit infeksi (infectious diseases unit/IDU) antara 1996 dan 2001.

Para peneliti menilai semua tahapan pengobatan dengan unsur antijamur dan menentukan semua obat yang diresepkan secara bersamaan terhadap potensi peristiwa serius terkait interaksi antarobat selama pengobatan.

Hasil

  • Pada 105 pasien yang menerima antijamur, terjadi 150 tahapan pengobatan.
  • Flukonazol dipakai pada 48% tahapan pengobatan, amfoterisin Bpada 46%, itrakonazol pada 4,7%, dan flusitosin pada 1,3%.
  • 116 potensi interaksi antarobat ditentukan terkait dengan penggunaan amfoterisin B (81,0%), flukonazol (17,2%), atau itrakonazole (1,7%).
  • Di antara semua ini, 22 dihubungkan dengan bukti klinis interaksi yang buruk (hipokalemia, peningkatan kreatinin, atau nefrotoksisitas).
  • Semua interaksi antarobat secara klinis terjadi dengan amfoterisin B.
  • Interaksi adalah karena furosemid (36,4%), siklosporin (31,8%), dan hidrokortison (18,2%).
  • Potensi interaksi antarobat sebagian besar umumnya terkait dengan leukemia (40,4%), infeksi HIV (24,6%), dan kanker (10,5%).

Kesimpulan

Berdasarkan temuan ini, para penulis penelitian menyimpulkan, “Di ICU dan IDU, pengobatan antijamur sistemik mengarah pada banyak interaksi antarobat yang parah, terutama terkait dengan tipe antijamur yang dipakai dan patologi yang diobati. Interaksi antarobat yang parah secara klinis tampak lebih umum dengan amfoterisin.”

Ringkasan: Drug-drug Interactions with Antifungal Agents

Sumber: F Depont, F Vargas, H Dutronc, and others. Drug-drug interactions with systemic antifungals in clinical practice. Pharmacoepidemiology & Drug Safety. September 19, 2007 [Epub ahead of print].