Nama Spiritia

Baru saja tahu terinfeksi HIV? Klik di sini...

Versi telepon genggam

Gen tomat memberikan hasil yang menjanjikan untuk melawan tumor otak Logo Acrobat Unduh versi PDF
Oleh: ScienceDaily Tgl. laporan: 29 Maret 2010

Gen yang terdapat dalam tomat dapat digunakan sebagai pengobatan terapi gen di masa depan, menurut hasil penelitian baru dari Lund University.

Jure Piskur adalah Profesor di Departemen Biologi, Lund University. Bersama dengan rekan-rekan dari Stockholm, Kopenhagen dan Lund, ia baru-baru ini menerbitkan hasil penelitian tentang gen tomat yang tampaknya dapat bernilai di masa depan untuk pengobatan tumor otak. Hasil ini dilaporkan dalam jurnal Neuro-Oncology.

Penelitian tentang terapi gen telah berlangsung lama dan musim gugur lalu, pengobatan terapi gen pertama diluncurkan ke pasar, oleh Ark Therapeutics dari Kuopio di Finlandia.

Gagasan terapi gen adalah untuk memperkenalkan gen asing ke dalam sel-sel kanker pasien. Dalam kombinasi dengan obat tertentu, gen yang diperkenalkan dapat menyebabkan sel kanker mati. Tumor tidak hilang, tapi harapannya adalah bahwa penyakit ini dapat dihentikan selama beberapa tahun.

“Penelitian kami menghasilkan gen tomat yang menunjukkan alternatif unggulan untuk bahan utama yang sudah mulai digunakan di Finlandia dan sekarang kita mulai bekerja sama dengan para peneliti di Kuopio,” kata Jure Piskur.

Hal ini jelas luar biasa bahwa ada kemungkinan untuk menggunakan tanaman tomat dalam pengobatan kanker. Jure Piskur menjelaskan bahwa hal ini adalah ‘gen bunuh diri’, yang dapat menyebabkan sel untuk mati.

Tugas yang sebenarnya dari gen tomat adalah untuk menghasilkan blok bangunan yang kecil untuk pembuatan gen tanaman, namun dalam kombinasi dengan obat AZT, gen tomat tersebut tampaknya membunuh sel kanker. AZT adalah obat yang pertama dikembangkan untuk memerangi HIV.

Profesor Piskur berhubungan dengan penelitian kanker secara kebetulan. Dia adalah seorang peneliti dalam evolusi molekuler dan kepentingannya termasuk bagaimana enzim dikembangkan selama jutaan tahun. Enzim adalah protein yang memicu atau mempercepat reaksi kimia yang berbeda dalam tubuh.

Jure Piskur telah mempelajari enzim dalam berbagai organisme yang berbeda, dari bakteri sampai binatang. Gen tomat dalam memiliki kode untuk enzim yang disebut timidin kinase.

Artikel asli: Tomato Genes Produce Promising Results Against Brain Tumours

Edit terakhir: 26 April 2010