Label Atripla menambahkan interaksi obat dengan protease inhibitor HCV boceprevir dan telaprevir

Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) mengumumkan bahwa informasi produk untuk Atripla – rejimen tablet tunggal yang mengandung efavirenz/tenofovir/emtricitabine – telah diperbarui untuk menyertakan informasi mengenai interaksi antar obat dengan protease inhibitor virus hepatitis C (HCV) boceprevir dan telaprevir.

Label yang direvisi menyatakan bahwa pemberian Atripla dalam waktu yang bersamaan dapat menurunkan konsentrasi boceprevir dan bahwa obat ini tidak boleh digunakan bersama. Pemberian Atripla bersama-sama dengan telaprevir juga dapat menurunkan tingkat obat, namun label tersebut tidak merekomendasikan menghindari kombinasi obat-obat tersebut.

Berikut adalah kutipan yang diedit dari pengumuman FDA.

Perubahan label untuk Atripla (efavirenz/emtricitabine/tenofovir disoproxil fumarat)

Baru-baru ini FDA memperbarui label produk Atripla (efavirenz/emtricitabine/tenofovir disoproxil fumarat) untuk menyertakan informasi berikut yang berhubungan untuk digunakan dengan obat anti hepatitis, boceprevir dan telaprevir.

Atripla adalah kombinasi dari 2 NRTI dan 1 NNRTI HIV, diindikasikan untuk digunakan sendiri sebagai rejimen lengkap atau dalam kombinasi dengan obat antiretroviral lain untuk pengobatan infeksi HIV-1 pada pasien dewasa dan anak yang berusia 12 tahun dan lebih tua.

Bagian 12.3 Farmakokinetik

Boceprevir: Konsentrasi boceprevir dalam plasma darah menurun ketika boceprevir yang dipakai bersamaan dengan efavirenz, yang dapat mengakibatkan hilangnya efek terapeutik. Kombinasi tersebut harus dihindari.

Telaprevir: Pemberian telaprevir dan efavirenz secara serentak mengakibatkan penurunan pajanan untuk telaprevir dan efavirenz.

Atripla merupakan produk Gilead Sciences dan Bristol-Myers Squibb.

Ringkasan: Atripla Label Adds Drug Interactions with Hepatitis C Protease Inhibitors Boceprevir and Telaprevir

Sumber: R Klein, K Struble, and S Morin, FDA. Changes to Label forAtripla (efavirenz/emtricitabine/tenofovir disoproxil fumarate) Tablets. FDA Hepatitis Update. April 25, 2013.