Nama Spiritia

Baru saja tahu terinfeksi HIV? Klik di sini...

Versi telepon genggam

Jawaban

obat yg cocok?

Pertanyaan

Diajukan: 18 November 2008

Babe yg serba tahu..

saya seorang pasien dgn Cd4 = 44 (pd bln 10) berat badan: 48kg yg selama 8bln ini(sejak ketahuan +HIV) diberikan obat oleh dokter saya berupa: 3TC+Retrovir

vitamin: pervita+santaE+neurohax,dsb

yg saya ingin tanyakan ialah mengapa berat badan saya tdk bisa naik lg lebih dari 47-48Kg? kadang malah turun jd 45-46kg. padahal saya makan sampai 6x dlm sehari,jg susu,ice cream,buah2an

apa saya perlu tambahan jenis obat unt ARV-nya?

Be..apa bnr bahwa meminum ARV mempunyai efek samping unt sakit pd lambung,lever,jantung,dll? apa dgn meminum obat suplemen2 bs mencegah/menanggulangi efek samping itu?

seberapa sering saya hrs check up Cd4?

terima kasih unt waktunya ya be..

God Bless You...

 
Jawaban

Oleh: Babé (19 November 2008)

Obatnya SANGAT tidak cocok, apa lagi dengan CD4 44! Menurut catatan Anda, Anda hanya memakai dua macam ARV; seharusnya kombinasi tiga obat ARV. Selain 3TC dan retrovir (AZT), Anda harus memakai salah satu dari nevirapine atau efavirenz. Dengan CD4 di bawah 200, Anda juga harus memakai kotrimoksazol setiap hari.

Saya curiga Anda diobati oleh seorang dokter yang tidak benar-benar berpengalaman dan berpengetahuan dengan pengobatan untuk HIV (dan mungkin juga membeli ARV-nya sendiri, mungkin dengan harga yang sangat tinggi!). Langkah yang terbaik untuk Anda adalah untuk memeriksakan diri ke salah satu rumah sakit rujukan AIDS (ada lebih dari 150 di seluruh) Indonesia; daftar ada di situs ini. Di rumah sakit tersebut, Anda akan ditangani oleh dokter yang terlatih khusus, dan Anda akan diberi ARV secara gratis.

Hampir semua obat (bukan hanya ARV) dapat menyebabkan efek samping, dan efek samping ini dapat mempengaruhi hati, ginjal dengan organ lain, walau agak jarang. Saya tidak yakin suplemen dapat melindungi terhadap efek samping ini; sering kali yang lebih penting adalah pola hidup yang sehat, terutama menghindari merokok.

Sebaiknya jumlah CD4 diukur setiap enam bulan, Tetapi setelah mulai terapi antiretroviral (ART) penuh, yang lebih penting adalah tes viral load, dan sebaiknya itu dilakukan setiap 4-6 bulan, bila mampu.

 

Tanggapan: Re: obat yg cocok?

Kalau ada pertanyaan atau komentar mengenai jawaban ini, silakan kirim pertanyaan lanjutan atau komentar

Semua informasi yang tercantum pada halaman ini sekadar untuk menambah wawasan dan pengetahuan. Sebelum melaksanakan suatu pengobatan sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter.